Senin, 12 Maret 2012

Cegukan Bikin Tambah Besar

Hampir setiap orang pernah mengalami cegukan. Saat menulis ini pun saya mengalami cegukan. Cegukan dalam bahasa medis disebut 'hiccup'.  Ternyata istilah 'hiccup' muncul karena suara yang terdengar dari seseorang disaat cegukan lho.  (sambil ngebayang kayanya cegukan ga sepanjang itu yah?). Sedangkan nama lainnya, yaitu ‘singultus’ berasal dari bahasa latin singult yang berarti menarik nafas saat seseorang sedang terisak-isak. 


Menurut masyarakat Jawa, cegukan yang dialami anak kecil konon menjadi penanda bahwa si anak akan segera cepat besar dan juga cepat tinggi. Ini lantaran suara cegukan seolah menarik badan si anak agar bergerak memanjang dan membesarkan badannya. Kalau untuk orang dewasa??


Ternyata mitos cekukan bukan hanya di Indonesia saja, di India cegukan  diartikan sebagai petanda jika saudara atau teman sedang memikirkan dirinya. Sehingga berfikir jika dia diperbincangkan baik itu baik maupun buruk. Sedangkan di barat cegukan diartikan jika seseorang tersebut sebelumnya meminum minuma keras terlalu banyak. 


Sebenarnya apa yang terjadi ? Ketika seseorang cegukan, terjadi kontraksi otot-otot pernapasan, yaitu diafragma dan otot-otot di antara tulang rusuk, yang menyebabkan gerakan menarik nafas namun tiba-tiba diikuti dengan menutupnya katup saluran napas secara tidak normal.


Ada beberapa cara untuk menghentikan cegukan, pertolongan pertama biasanya pengeobatan dilakukan dengan cara minum air secukupnya dengan cara tidak bernafas. Selain itu bisa juga dengan cara memakan  satu sendok teh gula pasir kering dapat menghentikan cegukan dalam beberapa menit. Diduga, gula dalam mulut akan mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang akan mengganggu lengkung refleks cegukan.




Semoga bermanfaat teman...

2 komentar: